Rabu, 02 Januari 2013

Tips Membuat Foto Bokeh



Hallo pembaca, dalam kesempatan kali ini saya ingin memberi sedikit tips tentang bagaimana cara membuat foto bokeh. Yap, apa sih foto bokeh itu? Foto bokeh adalah efek blur pada latar belakang, sementara objek foto tetap tajam. Efek bokeh terjadi karena ruang tajam (Depth Of Field) yang sempit. Foto bokeh/blur tidak jauh berbeda dengan foto makro, hanya saja makro membutuhkan lensa khusus ataupun filter lensa untuk foto benda yang sangat kecil.

Nah, untuk membuat efek blur pada foto yang akan kita ambil setidaknya ada tiga step. Kita harus mengatur komposisi dasar dulu. Diafragma, focal lenght dan jarak lensa. Untuk masalah ISO, speed dan WB kita dapat sesuaikan dengan kondisi cahaya lokasi pengambilan gambar.

Bukaan Diafragma.


Atur bukaan diafragma lensa yang besar (angka lebih kecil) misalnya f/4.0 menghasilkan efek background lebih blur daripada f/6.5.

Focal Length.


Semakin besar panjang focal length, maka semakin blur backgroundnya. misalnya focal length 35mm menghasilkan efek lebih blur daripada focal length 18mm, meskipun dengan bukaan diafragma yang sama.

Jarak Lensa.
Semakin dekat jarak antara lensa dengan subjek, maka semakin blur backgroundnya, misalnya jarak 1 meter menghasilkan efek lebih blur daripada jarak 2 meter.

Jika semua komposisi sudah dilakukan, maka kita dapet melihat hasil akhirnya, seperti dibawah ini:





Bagus bukan hasilnya, ini sangat mudah untuk dilakukan di manapun kita berada. Sekian tips dari saya, selamat berkreasi dengan kamera anda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment disini