Selasa, 15 April 2014

V-Class PPSI : COCOMO



COCOMO (Constructive Cost Model) adalah algoritma estimasi biaya perangkat lunak model yang dikembangkan oleh Barry Boehm. Barry W. Boehm (lahir 1935) adalah seorang insinyur perangkat lunak Amerika, Profesor Teknik Perangkat Lunak di Jurusan Ilmu Komputer dari University of Southern California, dan dikenal banyak kontribusinya untuk rekayasa perangkat lunak. COCOMO terdiri dari tiga bentuk hirarki semakin rinci dan akurat. 

Pertama, Basic COCOMO adalah menghitung usaha pengembangan PL (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran program yang diekspresikan dalam baris kode yang diestimasi. Menghitung dari estimasi jumlah FP dan LOC; FP = suatu unit pengukuran untuk keterhubungan dan keterkaitan antar prosedur, fungsi dan lingkungan SW. Namun akurasinya terbatas karena kurangnya faktor untuk memperhitungkan perbedaan atribut proyek (Cost Drivers).

Kedua, Intermediate COCOMO adalah menghitung usaha pengembangan PL sebagai fungsi ukuran program dan serangkaian pengendali biaya yang menyangkut penilaian yang subyektif terhadap produk, perangkat keras, personil atribut (seperti aplikasi pemrograman dan pengalaman, pengetahuan tentang bahasa pemrograman), dan atribut proyek (seperti lingkungan pengembangan perangkat lunak, tekanan waktu pengembangan).

Ketiga, Advanced COCOMO adalah memperhitungkan semua karakteristik dari intermediate di atas dan cost drivers dari setiap fase (analisis, desain, implementasi, dll) dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment disini