Kamis, 23 September 2010

Masalah Sosial di Indonesia

Salah satu masalah pokok yang dihadapi bangsa Indonesia adalah masalah pengangguran. Pengangguran yang tinggi berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap kemiskinan, kriminalitas dan masalah-masalah sosial lainnya.

Masalah sosial memang banyak sekali terjadi di negara-negara di dunia tak terkecuali di Indonesia. Terlebih jika angka angkatan kerja setiap tahunnya terus melonjak dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Maka tidak heran banyak timbul masalah-masalah sosial yang terjadi dewasa ini.

Hal tersebut juga berkaitan dengan status pendidikan dan status ekonomi seseorang. Orang yang tidak mampu untuk melanjutkan sekolah atau kuliah karena alasan tidak mampu menjadi faktor utama melonjaknya angkatan kerja dan tidak heran jika banyak pengangguran. Memang masalah pengangguran telah menjadi momok yang begitu menakutkan khususnya di negara-negara berkembang seperti di Indonesia.

Sebaiknya pemerintah melihat sisi lain negeri ini dalam hal lapangan pekerjaan. Jika saja pemerintah mau turun tangan langsung mungkin pengangguran di Indonesia bisa sedikit terselesaikan walau pun belum semua angkatan kerja mendapatkan pekerjaan. Kebijakan Pemerintah Pusat dengan kebijakan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota harus merupakan satu kesatuan yang saling mendukung untuk penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.

Penanganan pengangguran memerlukan keterlibatan semua pihak. Oleh karena itu, upaya sinergi perlu terus dilakukan agar tidak terjadi saling tumpang tindih dalam penanganannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment disini