PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar
persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau
industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau
pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna adalah:
·
Perusahaan
adalah penentu harga
·
Setiap
perusahaan mudah keluar atau masuk pasar
·
Menghasilkan
barang serupa
·
Terdapat
banyak perusahaan di pasar
Pasar
persaingan sempurna juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, yaitu:
Kelebihan
·
Memaksimumkan
efisiensi produksi: untuk setiap tingkat produksi, biaya yang dikeluarkan
adalah yang paling minimum. Tingkat efisiensi produksi yang optimal, dan biaya
produksi yang paling minimal.
·
Batasan
dalam bertindak dan memilih: didalam pasar yang bebas tidak seorang pun
mempunyai kekuasaan dalam menentukan harga, jumlah produksi dan jenis barang
yang diproduksi.
Kekurangan
·
Persaingan
sempurna tidak mendorong inovasi
·
Membatasi
pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahan adalah 100
persen sama, konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang
yang akan dikonsumsinya.
·
Biaya
dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
PASAR MONOPOLI
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang
ditandai oleh adanya satu penjual atau produsen dipasar berhadapan dengan
permintaan seluruh pembeli atau konsumen. Suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah
seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Sebagai
penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi
harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi. Semakin
sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu
pula sebaliknya.
Ciri-ciri
dari pasar monopoli yaitu:
·
Hanya
ada satu produsen yang menguasai penawaran
·
Tidak
ada barang subtitusi/pengganti yang mirip
·
Produsen
mutlak menetukan harga
·
Tidak
ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa
keunggulan perusahaan.
·
Tidak
adanya barang pengganti/substitusi.
Adapun
kelebihan dan kelemahan dari pasar monopoli tersebut :
Kelebihan
·
Keuntungan
penjual cukup tinggi.
·
Untuk
produk yang mencakup hajat hidup dan kesejahteraan masyarakat biasanya diatur
oleh pemerintah.
Kelemahan
·
Pembeli
tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
·
Keuntungan
hanya terpusat pada satu perusahaan.
·
Terjadi
eksploitasi pembeli.
·
Timbulnya
ketidakstabilan harga.
·
Kecilnya
volume produksi menimbulkan adanya biaya sosial yaitu biaya yang ditanggung
oleh masyarakat.
·
Adanya
unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi
serendah-rendahnya pada pasar faktor produksi dan dengan harga tinggi di pasar
barang.
·
Kepentingan
umum banyak diabaikan, sebab orientasi usahanya hanya didasarkan atas untung
rugi saja.
PASAR MONOPOLISTIS
Salah satu
bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa
tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik
tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter
tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya.
Pada pasar
monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga walaupun
pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli.
Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan
ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain,
dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga.
Pada pasar
persaingan monopolistik, harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan.
Bagaimana kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak
masyarakat, sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan
harga mahal akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Oleh
karenanya, perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus aktif
mempromosikan produk sekaligus menjaga citra perusahaannya.
Ciri-ciri
dari pasar monopolistik:
·
Terdapat
banyak produsen atau penjual.
·
Adanya
perbedaan produk.
·
Produsen
Dapat mempengaruhi harga.
Kelebihan dan
kelemahan dari pasar monopolistik adalah:
Kebaikan
·
Banyaknya
produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih
produk yang terbaik baginya.
·
Kebebasan
keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi
dalam menghasilkan produknya.
·
Diferensiasi
produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan
dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
·
Pasar
ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan
sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
Kelemahan
·
Pasar
monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga,
kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan
pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
·
Dibutuhkan
modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain
pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
·
Pasar
ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan
biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh
konsumen.
PASAR OLIGOPOLI
Adalah pasar
di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar
oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat
dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari
tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan
produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk
menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Praktek
oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan
potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan
oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat
maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi
harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi tidak
ada.
Berdasarkan
produk yang dipasarkan, pasar oligopoli dibedakan menjadi dua, yauitu pasar
oligopoli murni (pure oligopoly) dan pasar oligopili dengan pembedaan
(differentiated oligopoly). Pasar oligopoli murni memperjualbelikan barang yang
sejenis.
Untuk pasar
oligopoli dengan pembeda, barang yang diperjuabelikan memiliki perbedaan antara
satu dengan lainnya, meskipun barang tersebut sejenis.
Sumber
referensi
http://www.ekomarwanto.com/2012/04/struktur-pasar-pasar-monopoli.html
http://id.wikipedia.org/
http://www.anneahira.com/pasar-persaingan-sempurna.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
comment disini