Senin, 07 Mei 2012

STRUKTUR PASAR


PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:

·         Perusahaan adalah penentu harga
·         Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk pasar
·         Menghasilkan barang serupa
·         Terdapat banyak perusahaan di pasar

Pasar persaingan sempurna juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan

·         Memaksimumkan efisiensi produksi: untuk setiap tingkat produksi, biaya yang dikeluarkan adalah yang paling minimum. Tingkat efisiensi produksi yang optimal, dan biaya produksi yang paling minimal.
·         Batasan dalam bertindak dan memilih: didalam pasar yang bebas tidak seorang pun mempunyai kekuasaan dalam menentukan harga, jumlah produksi dan jenis barang yang diproduksi.

Kekurangan

·         Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
·         Membatasi pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahan adalah 100 persen sama, konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
·         Biaya dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi

PASAR MONOPOLI

Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh adanya satu penjual atau produsen dipasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli atau konsumen. Suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi. Semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya.

Ciri-ciri dari pasar monopoli yaitu:

·         Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
·         Tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip
·         Produsen mutlak menetukan harga
·         Tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.
·         Tidak adanya barang pengganti/substitusi.

Adapun kelebihan dan kelemahan dari pasar monopoli tersebut :

Kelebihan
·         Keuntungan penjual cukup tinggi.
·         Untuk produk yang mencakup hajat hidup dan kesejahteraan masyarakat biasanya diatur oleh pemerintah.

Kelemahan
·         Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
·         Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
·         Terjadi eksploitasi pembeli.
·         Timbulnya ketidakstabilan harga.
·         Kecilnya volume produksi menimbulkan adanya biaya sosial yaitu biaya yang ditanggung oleh masyarakat.
·         Adanya unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi serendah-rendahnya pada pasar faktor produksi dan dengan harga tinggi di pasar barang.
·         Kepentingan umum banyak diabaikan, sebab orientasi usahanya hanya didasarkan atas untung rugi saja.

PASAR MONOPOLISTIS

Salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya.
Pada pasar monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga.
Pada pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan. Bagaimana kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak masyarakat, sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan harga mahal akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus aktif mempromosikan produk sekaligus menjaga citra perusahaannya.

Ciri-ciri dari pasar monopolistik:

·         Terdapat banyak produsen atau penjual.
·         Adanya perbedaan produk.
·         Produsen Dapat mempengaruhi harga.

Kelebihan dan kelemahan dari pasar monopolistik adalah:

Kebaikan

·         Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
·         Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
·         Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
·         Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.

Kelemahan

·         Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
·         Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
·         Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen.


PASAR OLIGOPOLI

Adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.
Berdasarkan produk yang dipasarkan, pasar oligopoli dibedakan menjadi dua, yauitu pasar oligopoli murni (pure oligopoly) dan pasar oligopili dengan pembedaan (differentiated oligopoly). Pasar oligopoli murni memperjualbelikan barang yang sejenis.
Untuk pasar oligopoli dengan pembeda, barang yang diperjuabelikan memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya, meskipun barang tersebut sejenis.



Sumber referensi
http://www.ekomarwanto.com/2012/04/struktur-pasar-pasar-monopoli.html
http://id.wikipedia.org/
http://www.anneahira.com/pasar-persaingan-sempurna.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment disini