Minggu, 30 Desember 2012

Perkembangan Bahasa Java



Bahasa pemrograman merupakan suatu set source code yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Program komputer atau software sendiri adalah suatu set instruksi yang harus dijalankan oleh komputer pada saat komputer dihidupkan atau ketika diperintahkan oleh pengguna komputer. Bahasa pemograman menggunakan kata-kata unik yang menjadi kode untuk menjalankan perintah tertentu pada komputer. Contoh bahasa pemrograman antara lain adalah Pascal, dBase, Basic, Cobol, C++, Java dan lain-lain.

Pada penulisan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang perkembangan bahasa java. Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bebuah bahasa pemrograman ‎berorientasi objek yang dibuat berbasiskan bahasa C, dengan perbedaan yang signifikan dari ‎bahasa pemrograman C++. Bahasa Java telah membersihkan beberapa sintaksis yang dianggap kurang bagus yang terdapat di dalam bahasa C++ ‎tetapi tetap mempertahankan kerumitan yang ditawarkan oleh bahasa C.‎

Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Zhulfikar Anugrah, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).

Java telah sukses dikembangkan di berbagai bidang sejak awal pertama kali muncul hingga saat ini. Bahasa Java semakin diminati adalah ketika berbagai device mendukung java dengan J2ME, sehingga banyak praktisi yang berusaha menguasai Java untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di berbagai Mobile Device, PDA, dan Embedded System. Perkembangan Java saat ini hingga menjadi 4 platform utama, yaitu Java Card, Java Micro Edition, Java Standard Edition, dan Java Enterprise Edition.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment disini