Senin, 25 Maret 2013

Komposisi dan Teknik Fotografi


Bicara tentang dunia fotografi, apa sih yang dimaksud dengan komposisi didalam Fotografi (Composition) dan apa saja jenis-jenisnya? Yuk disimak :)

Secara singkatnya, komposisi ialah teknik meletakkan subjek atau elemen dalam gambar. Untuk mendapatkan foto yang enak dilihat dan pesan yang disampaikannya terbaca, perlu dikomposisikan dengan tepat. Walaupun begitu tidak ada peraturan baku untuk membuat komposisi yang baik, ada beberapa teknik komposisi yang cukup penting dalam beberapa kasus.

Rule of Thirds (Sepertiga Bagian)
Pada aturan umum fotografi, bidang foto sebenarnya dibagi menjadi 9 bagian yang sama. Sepertiga bagian adalah teknik dimana kita menempatkan objek pada sepertiga bagian bidang foto. Bayangkan ada garis-garis panduan yang membentuk sembilan buah empat persegi panjang yang sama besar pada sebuah gambar. Elemen-elemen gambar yang muncul di sudut-sudut persegi panjang pusat akan mendapat daya tarik maksimum. Hal ini sangat berbeda dengan yang umum dilakukan dimana kita selalu menempatkan objek di tengah-tengah bidang foto.

Sudut Pemotretan (Angle of View)
sudut Pemotretan / pengambilan objek adalah salah satu unsur pembangun sebuah komposisi foto . Dalam fotografi dikenal 3 sudut pengambilan gambar yang mendasar, yaitu:
High Angle : Sudut pandangan tinggi. Artinya, pemotret berada pada posisi yang lebih tinggi dari objek foto.
Eye Level : Sudut pengembilan gambar yang dimana objek dan kamera sejajar / sama seperti mata memandang.
Low Angle : Pemotretan dilakukan dari bawah. Sudut pemotretan yang dimana objek lebih tinggi dari posisi kamera. Sudut pengembilan gambar ini digunakan untuk memotret arsitektur sebuah bagunan agar terkesan kokoh, megah dan menjulang

Framing
Framing merupakan teknik bagaimana mengarahkan perhatian seseorang kepada subyek foto dengan membatasi elemen-elemen foto yang lain menggunakan sesuatu yang mengelilingi elemen Focal Point. Bila subyek secara khusus mempunyai bentuk yang kuat, penuh frame dengan subyek. Baik itu dengan cara menggunakan lensa dengan fokus lebih panjang atau bergerak mendekati subyek. atau menjadikan objek di sekililingnya menjadi bingkai terhadap Point of Interest.

Horizon atau Vertikal
Dari hasil pandang di viewinder yang berbentuk persegi panjang memungkinkan kita untuk melakukan pemotretan dalam format landscape/horizontal atau vertikal/portrait. Perbedaan pengambilan format dapat menimbulkan efek berbeda pada komposisi akhir.

Picture scale (objek Pembanding)
Teknik Picture scale adalah teknik yang membandingkan objek inti dengan objek disekitarnya. Adanya objek pembanding membuat tampilan foto menjadi menarik. karna dengan objek pembanding maka akan diketahui besarnya objek inti yang di abadikan tehnik ini sering dilakukan pada pemotretan landscape atau monument.

Mungkin agak membingungkan untuk orang yang baru terjun di dunia fotografi tetapi jika kita mau belajar maka tidak akan sulit memahaminya. Belajar fotografi memang perlu kesabaran dalam mengambil gambar suatu objek agar hasil yang didapat maksimal. Fotografi itu sangat menyenangkan dan sangat simple seperti kita tersenyum di depan kamera :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

comment disini