Kamis, 02 Mei 2013

Tips Singkat Perawatan Lensa



Terkadang  kita sering mengabaikan kebersihan atau merawat peralatan kamera yang kita miliki. Kotoran, debu dan efek dari sidik jari seringkali menempel pada lensa yang kita miliki lebih parahnya lagi jika ada jamur pada lensa kita. Bahkan ada beberapa pengguna kamera yang belum mengetahui bagaimana cara merawat atau membersihkan lensa. Melakukan dengan benar bagaimana merawat sebuah lensa, maka akan dapat mempertahankan kinerja dari optik lensa tersebut. Jika kita melakukannya dengan salah, ada kemungkinan lensa akan tergores yang akan berakibat pada rusaknya peralatan fotografi kamu yang harganya sangat mahal. 



Membersihkan dan Melindungi Lensa

Hati-hati pada saat meniup debu atau kotoran apapun, gunakan air blower atau jika diperlukan menggunakan kompresor angin (gunakan dengan hati-hati). Dengan gerakan lembut usap permukaan lensa dari tepi menuju ke pusat lensa, ulangi kembali dengan mengangkat tisue tersebut dan jangan menggosok dengan dua arah. Kain berbahan pembersih serat mikro merupakan alternatif yang baik sebagai tisue lensa, dan tidak memerlukan cairan pembersih lensa. Untuk performa terbaik, gunakan Lens Cleaning Kit yang berisi larutan pembersih.

Pertimbangkan untuk selalu  menggunakan  Skylight atau filter UV sebagai perlindungan maksimal pada lensa, gunakan pada saat memotret dan lepaskan hanya jika akan menggunakan filter lain untuk efek khusus. Dan tentu saja, jangan lupa untuk menggunakan tutup lensa yang terletak di depan dan belakang lensa. Guna melindungi lensa dari goncangan, kotoran dan debu sangat disarankan untuk menggunakan tempat lensa yang sesuai. Dan simpan lensa di tempat yang dingin atau di tempat  yang kering bila memungkinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment disini