Kamis, 10 Januari 2013

Tips Membuat Foto Bulb

Mungkin anda pernah melihat sebuah foto yang memperlihatkan garis cahaya/gambar yang terbentuk dari cahaya, dalam ilmu fotografi teknik semacam itu disebut Bulb.

Bulb adalah pengaturan kecepatan rana pada kamera yang disesuaikan dan memungkinkan untuk waktu pemaparan yang lama di bawah kendali langsung dari seorang fotografer. Dengan pengaturan ini, rana hanya tetap terbuka selama tombol pelepas rana tetap tertekan.

Bagaimana cara membuat sebuah foto bulb? Mudah saja, kita hanya membutuhkan sebuah kamera DSLR, tripod dan lampu.

Pertama kita sesuaikan posisi tripod dan kecepatan rana (Shutter speed) diputar hingga terlihat tulisan BULB pada layar kamera. Untuk masalah ISO bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kalau saya biasanya memakai ISO 200. Untuk membuat mode ini diharapkan pada keadaan gelap atau pada malam hari agar cahaya dapat tertangkap kamera.

Selanjutnya kita gerakkan cahaya hingga membentuk gambar atau tulisan yang kita inginkan. Minta lah teman anda untuk menekan tombol pelepas rana hingga proses penggerakkan cahaya di depan kamera selesai. Anda tidak akan tertangkap oleh kamera jika Anda bergerak, tetapi jika Anda diam dan teman Anda membuat pola gerakkan cahaya di tubuh Anda maka hasilnya akan berbeda. Jika proses menggerakkan lampu sudah selesai maka lepas tombol pelepas rana dan lihat hasilnya pada layar kamera.

Hasil:

Sangat mudah untuk membuatnya, pasti Anda bisa membuatnya dengan hasil yang lebih bagus.
Selamat mencoba dan tetap berkarya dengan kamera Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

comment disini