Selasa, 29 Januari 2013

Keamanan Situs Presiden RI



Situs resmi milik Presiden Republik Indonesia belum lama ini sempat dibobol oleh hacker. Kejadian serupa pernah terjadi sekitar tahun 2007 lalu. Entah apa motif hacker tersebut membobol website Presiden RI.

Kita tahu bahwa sistem keamanan web khususnya website kepemerintahan memang dibuat sangat ketat. Banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab mencoba meretas. Sebagian orang mungkin bertanya, kenapa situs Presiden bisa diretas?. Bukan hanya situs presiden, Pentagon saja masih bisa diretas. Sistem keamanan situs Presiden memang dinilai cukup kuat. Namun, dengan semakin berkembang jaman teknologi semakin canggih.

Kejadian ini sejatinya relevan dengan laporan Id-SIRTII (ndonesia Security Incident Respont Team on Internet) yang dipublikasikan Kominfo, dimana setiap hari ada 1,3 juta serangan cyber yang lalu lalang di Indonesia. Terlebih bagi sekelas Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, perusahaan listrik, militer, dan lembaga penting lainnya.

Sebelumnya dilaporkan, situs www.presidensby.info Rabu (9/1/2012) kemarin, sempat dipermak peretas. Pelaku meninggalkan jejak dengan menuliskan diri sebagai Jember Hacker Team. Namun menurut pelacakan yang dilakukan Id-SIRTII, lokasi IP Address dan DNS pelaku bukan dari Indonesia. Melainkan dari Texas, Amerika Serikat. (Go to: idsirtii.or.id )

Memang, meski terlacak dari Negeri Paman Sam. Bisa saja pelaku juga masih orang Indonesia yang memalsukan IP-nya ke negara lain. Hal itu tentunya biasa dilakukan para peretas untuk mengaburkan jejak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

comment disini